Mesin Pembuat Dedak Bekatul

Seringkali kita lihat di penggilingan padi banyak sekam hasil gilingan yang menumpuk bahkan menggunung. Penanganan sekam padi yang menumpuk paling tepat adalah dengan menggilingnya kembali untuk dijadikan dedak/bekatul. Dedak nantinya bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak ataupun digunakan untuk suatu pekerjaan yang lain. Untuk membuat dedak dari sekam tersebut, bantuan mesin giling sangatlah dibutuhkan.

Pemanfaatan mesin giling sekam merupakan solusi terbaik untuk mengatasi sekam padi yang menumpuk yang biasa terlihat di tempat penggilingan padi. Secara mendasar, setiap mesin dedak bekatul memiliki sistem kerja yang sama yakni menggiling. Saat proses penggilingan tersebut, mesin pasti akan mengeluarkan abu sekam yang banyak yang pastinya mengganggu bagi siapa saja yang mengoperasikannya. Bagaimana mengatasi masalah ini?

Kembar Teknika sebagai salah satu produsen mesin dedak membuat inovasi baru dari mesin dedak untuk mengatasi abu yang keluar dari mesin saat proses penggilingan. Inovasi terbaru ini adalah dengan menambahkan semacam cerobong pada mesin seperti yang terlihat pada gambar. Cerobong ini fungsinya sama seperti cerobong asap pada rumah yakni mengalihkan asap jauh dari jangkauan manusia.

Setelah melakukan uji coba beberapa kali, hasil hasil yang diharapkan benar-benar terwujud. Saat proses penggilingan sekam padi, asap sekam keluar dari cerobong bagian atas. Cerobong tersebut dibuat dari beberapa pipa dan besi yang dirangkai sedemikian rupa. Rekayasa mesin ini akan menghindarkan anda dari asap/debu sekam yang banyak yang bisa mengganggu penglihatan dan pernafasan anda.