Mengenal Prinsip Kerja Sistem Hidrolik Pada Mesin Press

Sistem hidrolik adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan zat cair (dalam hal ini oli) untuk melakukan satu gerakan searah atau segaris. Kita mengetahui sistem hidrolik ini sering diaplikasikan pada mesin-mesin berat dan besar. Dan mesin yang paling sering menggunakan sistem hidrolik adalah mesin press. Mesin press hidrolik adalah sebuah mesin besar yang memanfaatkan komponen hidrolik sebagai daya tekan dimana mesin ini berfungsi untuk mengepress atau memperkecil ukuran suatu objek.

Lalu, seperti apakah prinsip kerja sistem hidrolik pada suatu mesin press? Kali ini Kembar Teknika akan membagikan sedikit ilmu tentang bagaimana prinsip kerja hidrolik pada mesin press. Sebagai produsen mesin tepat guna yang telah memproduksi berbagai jenis mesin press, Kembar Teknika tidak hanya memberikan produk mesin press berkualitas namun juga pengetahuan tentang cara kerja mesin-mesinnya untuk anda.

Dalam pengoperasiannya, tahukah anda bagaimana sistem kerja mesin press hidrolik Kembar Teknika? Cara kerja mesin press hidrolik cukup mudah, dimana cara kerjanya didasarkan pada hukum pascal. Ada 3 komponen penting pada cara kerja mesin hidrolik yakni piston, pipa, dan cairan (oli). Cairan (oli) pada tangki ditekan oleh piston sehingga mengalir ke piston yang lebih besar melewati pipa hidrolik sehingga terjadilah sebuah tekanan.

Untuk cara kerja mesin press hidrolik Kembar Teknika, kami simulasikan pada video dibawah ini.