Truk Pengolah Sampah

Sampah. Satu kata yang secara tidak langsung sudah terpikirkan manusia bentuk dan rupanya. Ya, sebuah barang yang ditolak kehadirannya ditengah-tengah masyarakat, itulah sampah. Sampah merupakan material sisa hasil sebuah produksi ataupun kegiatan yang di satu sisi sudah tidak berguna lagi bagi manusia. Barang akan dinamakan sampah apabila sifat ‘berguna’ sudah hilang dari dirinya.

Dalam proses kehidupan manusia, manusia tidak dapat dipisahkan dari benda menjijikkan ini. Di setiap sudut kota akan selalu ada sebuah pemandangan yang tidak mengenakkan mata. Di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya dan Yogyakarta masih sering terlihat tumpukan material sisa yang mengganggu keindahan kota-kota tersebut. Bagaimana tidak?  Tumpukan barang sisa dengan bau busuk dan kotor selalu terlihat disetiap kota. Untuk itu, dukungan dari kita sebagai warga Indonesia berupa tindakan membuang sampah pada tempatnya sangat dibutuhkan. Disamping membantu pemerintah kota, tindakan tersebut juga akan membantu diri sendiri dan sesama dalam menciptkan kehidupan yang sehat tanpa penyakit.

Lalu, bagaimana mengatasi sampah yang sudah terlanjur menggunung? Mau tidak mau tumpukan sampah di beberapa sudut kota harus diangkut untuk dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Itu adalah masih paling mendasar yang harus dialami pemerintah kota setiap harinya. Masalah berikutnya datang di lokasi TPA. Pemerintah Indonesia harus memutar otak dalam mengatasi sampah yang menumpuk bak gunung di TPA.

truk sampah

Untuk mendukung pemerintah Indonesia dan Dinas Kebersihan, Kembar Teknika menghadirkan sebuah truk sampah. Truk sampah yang kami hadirkan bukanlah truk pengangkut sampah, melainkan truk pengolah sampah. Truk pengolah sampah ini berfungsi untuk mengayak dan memisahkan antara sampah kecil dan sampah besar. Ini bertujuan untuk memisahkan lalu mengelompokkannya agar dapat didaur ulang.

Truk pengolah sampah ini memiliki bak screen rotary. Bak tersebut merupakan ayakan besar dengan ukuran lubang ayakan yang berbeda sehingga nantinya antara sampah kecil dan besar dapat tersaring. Proses pemisahan berlangsung cepat karena screen rotary yang digerakkan menggunakan diesel 24 hp akan berputar dengan cepat pula. Screen rotary terbuat dari bahan baja sedangkan seluruh rangka truk pengayak sampah terbuat dari bahan besi plat dengan ketebalan 5 mm.

truk pengangkut sampah

Dengan mengusung desain truk militer, truk sampah ini terlihat gagah dan sangar. Truk pengolah sampah ini merupakan solusi terbaik untuk mengatasi tumpukan sampah di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Ayo, kita lestarikan lingkungan kita, dengan pengelolaan sampah yang lebih baik. Percayakan kebutuhan alat pengolah sampah kepada Kembar Teknika.